Minggu, 08 September 2013

Kunjungan ke Kediaman Keluarga asli keturunan Kerajaan Mekongga

 Pada saat mengikuti kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi saya berkesempatan berkunjung ke rumah keluarga keturunan asli dari kerajaan Mekongga tepatnya di Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka. Sangat senang rasanya bisa ikut berpartisipasi pada kegiatan ini terutama bisa bertemu langsung serta melihat beberapa benda-benda pusaka peninggalan kerajaan Sangia Ni bandera.
Karena tergabung pada tim Komunikasi sosial maka pada saat itu hampir semua peserta terutama yang dari pusat ikut melihat  serta melakukan wawancara secara langsung. pada saat itu memang kami memerlukan banyak data terutama bagi tim Peneliti Sosial budaya yang akan mengkaji semua sumber-sumber yang di anggap terkait untuk dijadikan sebuah laporan yang akan ditindak lanjuti nantinya baik dari segi pemerintah daerah maupun pusat.
setelah wawancara dilakukan tiba saatnya melihat secara langsung benda-benda pusaka peninggalan kerajaan di antaranya bendera merah putih, keris, mahkota, bebatuan, dsb. 


Mahkota Kerajaan Putri


 Sambil benda-benda pusaka itu diperlihatkan, sayapun tampak penasaran dan rasanya ingin memegang beberapa dari benda tersebut, tak sabar rasanya menunggu saat-saat mendapatkan ijin untuk dibolehkan memegang dan memperhatikan secara detail bentuk benda sambil mempertanyakan makna apa yang terkandung pada setiap bentuk dan benda tersebut.
 Penjelasan sejarah singkat tentang kerajaan Sangia Ni bandera pun selesai di perdengarkan kepada kami (Ekspedisi team), dan tibalah saatnya saya bisa memegang benda tersebut, jujur, tanpa mendengarkan penjelasan dari tiap-tiap benda fikiran saya pada saat itu  biasa-biasa saja, tetapi ketika di jelaskan ternyata beragam versi yang kami dengar.

Tak henti-hentinya kami melakukan proses wawancara, dokumentasi sebagai laporan, sampai buat koleksi pribadi jg.. maklum baru pertama kali datang kesini kamanya nggak mau  ketinggalan foto-foto narsis..


Proses pengambilan datapun selesai saatnya menuju ke makam sangia nibandera yang letaknya tak jauh dari kediaman keturunan yang kami kunjungi ini. tetapi sebelum lanjut enaknya makan dulu.. heheheee... Gassss!!! Gasss !!!

Kami di sunguhi makanan khas kolaka

Foto bersama keluarga keturunan Sangia Ni bandera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar